Advertisement

Responsive Advertisement

Meriah dan Semaraknya Perayaan HUT RI Ke-79 di Desa Secanggang


 LANGKAT,- Kemeriahan perayaan HUT RI ke-79 masih tampak di Desa Secanggang, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Pun 17 Agustus jatuh pada hari Sabtu kemarin, tapi puncak acara di Desa Secanggang di bawah pimpinan Tengku Syaiful Anhar digelar, Rabu (21/8/2024). 

Hadir pada kegiatan itu Camat Secanggang Parsadanta Sembiring, Kepala Desa Secanggang Tengku Syaiful Anhar, Danramil 08/Secanggang Kapten Inf Asman Riadi, Kapolsek Secanggang AKP Salija, tokoh pemuda, serta warga Desa Secanggang lainnya. 

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Secanggang Tengku Syaiful Anhar mengatakan bahwa kegiatan HUT RI ke-79 tiap tahun dilaksanakan di Desa Secanggang dengan beragam perlombaan. Walau, katanya, puncak kegiatan adalah lomba sampan yang mengitari sungai Secanggang. 

"Sudah tiga kali saya berdiri di atas panggung ini. Tapi dulu saya hanya sebagai tamu. Dan sekarang saya sebagai tuan rumah atas kepercayaan masyarakat memimpin Desa Secanggang," ujarnya. 

Tak bisa dipungkiri, lanjut Tengku Syaiful, lomba sampan merupakan tradisi di Kabupaten Langkat. Begitu juga halnya di beberapa desa yang ada di Kabupaten Langkat kerap menggelar acara lomba sampan. 

"Makanya hari ini kembali saya tegaskan lomba sampan Desa Secanggang  merupakan ikon tradisi yang harus dipelihara, dilestarikan dan tetap terjaga. Untuk itu saya imbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan sungai. Jangan membuang sampah di sungai supaya tetap terjaga ekosistem biota yang ada didalamnya," pesan Tengku Syaiful Anhar. 

Dia pun tak lupa berucap terima kasih kepada warga Desa Secanggang yang memberi amanah kepadanya selama tujuh bulan belakangan ini. 

"Terima kasih kepada warga Desa Secanggang, melalui forum mudah-mudahan sinergi antara pemerintahan desa dan warga tetap berkelanjutan dan berkolaborasi membangun Desa Secanggang yang lebih baik lagi kedepannya," tandas Tengku Syaiful Anhar.  

Sebelumnya, Camat Secanggang, Parsadanta Sembiring menitip pesan dari Pj Bupati Langkat HM Faisal Hasrimy yang berhalangan membuka lomba sampan di Desa Secanggang. 

"Alhamdulillah Desa Secanggang  bisa melakukan lomba sampan setiap tahunnya. Untuk itu saya harap masyarakat jangan membuang sampah ke sungai. Saya juga menyarankan masyarakat agar memberi masukan kepada Pak Kades Syaiful yang baru menjabat. Ini dimaksud demi kemajuan dan keberlangsungan Desa Secanggang," tukasnya.  

Sedangkan Ketua Panitia Lomba Sampan, Saiful Amri mengucapkan terima kasih kepada Kades  Secanggang. Disebutkan ada sebanyak 11 tim yang turut andil dalam lomba sampan Desa Secanggang. 

Untuk juara pertama dipegang Tim Siluman 1, juara 2 Siluman 2, dan juara 3 diraih Tim Codet serta juata 4 oleh Garuda Muda. Seluruh pemenang akan mendapatkan sembako dan uang. 

Selain lomba sampan, ada juga lomba lari marathon, panjat pinang dan lainnya. 

Untuk pemilihan Pangeran dan Putri Desa Secanggang disabet Leowandi dari Dusun Kehutanan dan Selfi Andriani perwakilan Dusun Masjid. (paisal).



Posting Komentar

0 Komentar